Universitas Dian Nuswantoro Semarang - Kampus UDINUS
Universitas Dian Nuswantoro, atau yang sering di sebut dengan UDINUS, adalah tempat menempuh, mencari ilmu saya, disinilah kampus yang katanya kampus swasta Termahal, tapi Keren, Kekinian, Modern, dan Mahasiswa/Mahasiswinya terkenal Keren nan Kece. Ah masa? itu bukan kata saya sebagai mahasiswa UDINUS loh ya, tapi orang – orang di luar sanalah yang bilang begitu. Bahkan teman saya yang sedang kuliah di perguruan tinggi swasta terkenal dan salah satu terbaik di Yogyakarta memberi pernyataan bahwa UDINUS itu Los Angeles nya Kota Semarang, ntah saya sendiri bingung dari statement yang di lontarkan teman saya itu.
“Drul, wingi aku bar ning UDINUS, lagi pertama mrono, kaget juga aku, sangar ya Los Angelese Semarang, keren tenan drul”,
atau bisa saya artikan ke dalam Bahasa Indonesia seperti berikut ini,
“Drul, kemarin saya habis dari UDINUS, baru pertama kali kesitu, saya kaget juga, hebat ya Los Angelesnya Semarang, keren abis drul”.
Lalu dimanakah letak ciri khas UDINUS dengan Los Angeles ?
Untitled-1.jpg
Saya sendiri yang sedang kuliah di UDINUS juga masih bingung dimana letak ciri khasnya, secara Kota dibandingin dengan Kampus? apa hubungannya? ga jelas banget haha, atau mungkin teman saya asal nyebut saja alias ngarang? ah lupakan saja soal Los Angelesnya, sekarang bahas kampusnya saja. Tapi teman saya bukanlah salah satu orang yang menyebutkan UDINUS itu kampus yang keren, sebenarnya sudah ada banyak orang yang menyebut UDINUS itu kampus keren di Semarang dan bahkan Se-Jawa Tengah.
Mungkin karena saat itu teman saya ke UDINUS pas dengan waktu ada proses pembangunan gedung baru di UDINUS yakni Gedung H yang masuk tahap ke-2 (lantai 6 – lantai 7 + Eskalator) apalagi saat ini UDINUS sendiri sedang gencar melakukan pembangunan ataupun merenovasi fasilitas – fasilitas yang ada di UDINUS, salah satunya Gedung H dan Cafe/Kantin baru yang berada diantara Gedung G dan Gedung H.
Tapi inilah fakta yang sebenarnya tentang UDINUS yang di bilang kampus paling keren di Semarang :

1. Gedung UDINUS

BLDvn-6hVv5.jpg
UDINUS (Sumber : Instagram UDINUS)
UDINUS sampai saat ini sudah memiliki 8 Gedung yakni gedung A, B, C, D, E, F, G, dan H. Ke 8 Gedung tersebut dibagi menjadi 2 lokasi yakni :
  • Gedung A, B, C, D, E, dan F berada di Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang.
BKvPnWDhMsG
Gedung C UDINUS (Sumber : Instagram UDINUS)
  • Gedung G, dan H yang berada di Jalan Imam Bonjol No. 205 – 207, Semarang 50131.
picture491
Gedung G UDINUS (Sumber : Google Images)
YDXJ0110.jpg
Gedung G UDINUS
YDXJ0114.jpg
Gedung H UDINUS
YDXJ0122.jpg
Gedung G & Gedung H UDINUS
Gedung G dan H inilah yang saat ini menjadi Landmarknya UDINUS, karena bangunannya yang serba warna biru yang menggambarkan ciri khas dari UDINUS. Dan jujur saja desain bangunan gedung G dan H yang menjadi landmarknya UDINUS sekarang ini terbilang terkeren dan termodern di Semarang, desain arsitekturnya manyaingi bangunan hotel bintang 4 di Semarang.
Bahkan Gedung H UDINUS yang baru dengan 7 Lantai ini dilengkapi fasilitas Eskalator, Food Court (wacana), Roof Garden, dan mungkin tentunya lift menyusul. Mengingat mahasiswa – mahasiswi di UDINUS itu banyak maka akan jauh lebih efektif dan efisien memakai Eskalator. Mantap bray!
Proses pembangunan Eskalator di Gedung H,
DCIM100MEDIA
Eskalator Gedung H UDINUS
DCIM100MEDIADCIM100MEDIADCIM100MEDIA
YDXJ0108.jpg
Eskalator Gedung H UDINUS
Tangga biasa,
YDXJ0104 editan.jpg

2. Kelas yang nyaman

YDXJ0101 editan.jpg
Kelas UDINUS
Kelas untuk menunjang proses belajar di UDINUS terbilang sangat nyaman, karena setiap kelasnya terdapat fasilitas 2 AC, LCD proyektor, papan tulis, dan tentunya kursi dengan meja. Ya memang terbilang sudah umum lah ya fasilitas seperti itu tapi desain arsitekturnya itu loh bray. Keren
YDXJ0099 editaan.jpg

3. Laboratorium UDINUS

YDXJ0093 editan.jpg
UDINUS sampai saat ini sudah memiliki 18 Laboratorium dengan fasilitas sesuai dengan bidangnya mulai dari Lab Komputer (Hardware, Multimedia, Desktop, Web, Pemograman, Database, Jaringan, Broadcast), Lab Bahasa, dan Lab Kesehatan (Rekam Medis, Gizi)
BRw227JDMlu.jpg
Lab Bahasa UDINUS, Sumber : Instagram @udinus_smg

4. Fasilitas non – akademik

BRPQI0AgkQY
Wall Clambing UDINUS, Sumber : Mapala UDINUS
UDINUS memiliki fasilitas untuk mahasiswanya dalam pengembangan bakat non – akademik, yakni Lapangan Basket, Lapangan Voli, Wall Clambing, dan masih banyak lainnya.
YDXJ0119.jpg
Lapangan Basket UDINUS

5. Lokasi UDINUS

maps udinus fix
Lokasi UDINUS jelas sangat strategis sekali menurut saya, karena berada di pusat Kota Semarang , dan dekat dengan landmark – landmark Kota Semarang salah satunya dekat dengan Monumen Tugu Muda dan Lawang Sewu. Sehingga sangat mudah untuk diakses. Selain itu tentunya terdapat perusahaan – perusahaan besar atau instansi pemerintahan yang mudah dicari untuk bahan penelitian maupun tugas.
Collage01_min (1)
Sumber : dinus.ac.id

6. Progress UDINUS jelas, konsisten dan terus berkembang

BKzJRtbBfac.jpg
Pembangunan Gedung H (Sumber : Instagram UDINUS)
Dari tahun ke tahun UDINUS terus berkembang secara signifikan dan konsisten, buktinya ?. Buktinya dari tahun ke tahun UDINUS terus melakukan pembangunan fasilitas untuk menunjang perkuliahan mahasiswa /mahasiswinya dalam mencari ilmu di UDINUS, salah satunya melakukan pembangunan gedung untuk untuk melakukan proses pembelajaran yakni Gedung H dengan 7 Lantai.
Serta pembukaan lahan untuk parkir mahasiswa mengingat UDINUS berada di permukiman padat penduduk di pusat Kota Semarang. Jadi UDINUS itu tidak hanya rencana – rencana saja tapi juga diikuti dengan implementasi seperti yang sudah saya sebutkan pada point ke-1 sebelumnya, bukti fisik pembangunan gedung H.
YDXJ0117.jpg
Lahan Parkir UDINUS
Dan foto diatas adalah salah satu lahan parkir yang baru dibuka pada tahun ajaran baru tahun 2016. Bahkan kedepan akan dibangun Gedung I yang di gunakan untuk parkir berlantai, Mantap!

7. UDINUS kampus unggulan di Semarang, Jawa Tengah

akreditasi ti si dkv udinus
Sebagai kampus swasta yang berada di ibu kota Jawa Tengah, UDINUS tidak main – main dalam menciptakan lulusan yang kreatif, inovatif, dan memiliki jiwa berbisnis dengan latar belakang teknologi informasi. Oleh sebab itulah UDINUS hingga saat ini bisa menjadi salah satu kampus terbaik di Jawa Tengah, dan kiblatnya kampus dengan latar belakang teknologi informasi di Jawa Tengah dan daerah sekitarnya.
Di UDINUS sendiri sudah ada 5 Fakultas dengan program studi terkait dan beberapa sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi). Berikut daftar Fakultas dengan program studi terkait :
NoFakultasProgram Studi
1Ilmu Komputer
  • S-2 Teknik Informatika (B)
  • S1 Teknik Informatika (A)
  • S1 Sistem Informasi (A)
  • S1 Ilmu Komunikasi (B)
  • S1 Desain Komunikasi Visual (A)
  • SST Film dan Televisi (Proses)
  • SST Animasi (Proses)
  • D-III Manajemen Informatika (B)
  • D-III Teknik  Informatika (B)
  • D-III Penyiaran (Broadcasting) (B)
2Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • S-2 Manajemen (B)
  • S1 Manajemen (B)
  • S1 Akutansi (A)
  • S1 Ekonomi Syariah (Proses)
3Fakultas Ilmu Budaya
  • S1 Inggris (A)
  • S1 Jepang (B)
  • SST Manajemen Perhotelan (Proses)
4Fakultas Kesehatan
  • S1 Kesehatan Masyarakat (B)
  • S1 Kesehatan Lingkungan (Proses)
  • D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (B)
5Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Elektro (B)
  • S1 Teknik Industri (B)
  • S1 Teknik Biomedik (Proses)
Serta didukung dengan Sistem Informasi Akademik UDINUS atau yang sering di sebut dengan SiAdin yang baik, sehingga membantu mahasiswa/mahasiswi dalam menjalankan perkuliahan.
Image 2.jpg
Sistem Informasi Akademik UDINUS, SiAdin

8. UDINUS universitas yang memiliki Roof Garden super keren

13397652_503936069731146_1421805344_n
Setahu saya, baru UDINUS universitas di Semarang bahkan di Jawa Tengah yang memiliki fasilitas Roof Garden (Taman di atap). Roof Garden di UDINUS berada di lantai 3 Gedung H, tau aja ini bapak Rektor Prof., Dr., Ir Edi Noersasongko M.Kom, soal yang kekinian dan tentunya ramah lingkungan.
14709500_217701255313121_6448921342296195072_n.jpg

9. UDINUS kampus berbasis Teknologi dan Kewirausahaan

5.jpg
Yap, tidak diragukan lagi, UDINUS itu salah satu Kampus berbasis Teknologi dan Kewirausahaan terbaik di Jawa Tengah. Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar “UDINUS”?, kebanyakan mereka menjawab Teknologi, itu sudah pasti karena UDINUS sendiri memang terkenal kampus berbasis IT terbaik di Jawa Tengah, tidak hanya itu UDINUS sekarang berkomitmen menciptakan lulusan tidak hanya pandai di bidang Teknologi saja tapi juga pandai dalam bidang Kewirausahaan. Supaya kelak lulusan UDINUS itu tidak hanya bekerja untuk perusahaan saja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan.

10. Biaya kuliah di UDINUS terjangkau

Apakah kuliah di UDINUS itu mahal? saya sering sekali mendengar gosip dari orang – orang diluar sana bahwa kuliah di UDINUS itu mahal, jadi sering kali mereka mengkaitkan yang bisa kuliah di UDINUS itu hanya anak – anak orang kaya saja.
Menurut saya biaya kuliah di UDINUS terbilang terjangkau di kelasnya dengan akreditasi A yakni sebagai berikut :
NOJENIS BIAYABESAR BIAYAWAKTU PEMBAYARAN
1Uang Kuliah PokokRp 1.500.000/semesterAwal Semester
2Uang PoliklinikRp 200.000/semesterAwal Semester
3Uang Kuliah SKSRp 150.000/sksTengah Semester
4Uang ModulRp 10.000 – Rp 100.000/modulTengah Semester
Dari tabel di atas menunjukkan bahwa kuliah di UDINUS itu tidak mahal – mahal amat, tapi relatif standar karena di dukung dengan fasilitas yang ada, seperti : kelas yang nyaman, laboratorium yang memadai, dan fasilitas lainnya seperti yang sudah saya jelaskan pada point – point sebelumnya.


11. Beasiswa ada banyak

BLN066rF9zc
Jadi buat kamu yang ingin kuliah di UDINUS tapi tidak memiliki biaya atau karena kurang mampu jangan minder/jangan patah arang/jangan menyerah, karena UDINUS menyediakan beasiswa banyak dan dari berbagai program, mulai dari program Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Prestasi, Aktivis, dan Beasiswa dari pihak swasta lainnya.

12. Banyak sambinan di UDINUS

Bagi kalian yang takut gak bisa hidup di UDINUS karena lokasinya yang berada di pusat Ibukota Jawa Tengah (Semarang) sehingga biaya hidup juga akan mahal. Berhenti, dan hilangkan rasa takut/minder itu, Karena UDINUS sendiri selain membuka stand kewirausahaan bagi mahasiswa yang memiliki ide bisnis kreatif seperti yang sudah saya jelaskan pada point ke-9, kalian juga bisa melamar menjadi ASLAB (Asisten Laboratorium), ASDOS (Asisten Dosen), ataupun Laboran yang tentunya dilakukan melalui seleksi, jadi persiapkan mulai dari semester 1 karena untuk menjadi ASLAB dan ASDOS minimal semester 4 dan syarat lainnya sesuai dengan kebijakan dari UPT UDINUS. Kuliah sambil kerja/magang dapet uang, jadi bisa nambah uang jajan kalian, toh juga di sekitaran UDINUS banyak WarTeg, warung makan yang harganya bersahabat.

13. Banyak tempat ibadah

masjid.png
Masjid Baitul Ilmi, Gedung H
Bagi kalian yang memandang UDINUS itu kampus yang hanya memenntingkan fasilitas yang modern dan glamour saja dan meninggalkan segi religiusnya itu salah, karena di UDINUS selain membangun fasilitas gedung juga menyediakan fasilitas untuk beribadah yakni Masjid, di UDINUS sendiri memiliki 2 Masjid yakni Masjid Baitul Muttaqiin di area Gedung D, dan Masjid Baitul Ilmi di area Gedung H, kalau mahasiswa sih sering menyebut Masjid Baitul Muttaqiin itu Masjid Gedung D, dan Masjid Baitul ilmi itu Masjid Gedung H, selain 2 Masjid yang berada di dalam area kampus UDINUS masih banyak Masjid masyarakat di sekitar UDINUS yang bisa digunakan untuk sholat/Jum’atan. Karena kita tahu tanpa do’a dan beribadah kepada yang kuasa, ilmu yang kita dapatkan tidak bermanfaat. Subhanallah, adem ya nek aku sing ngomong, haha 🙂
qEy8q2VWWxJdjgBv3iFjIPHpoxu_ZtPtZDyGdTQluNo
Masjid Baitul Ilmi
IMG_20151204_205812-640x480
Masjid Baitul Muttaqiin, Gedung D

14. Punya channel TV sendiri

Picture51
Oh dan satu lagi, UDINUS itu punya Channel Televisi sendiri yaitu TVKU (Televisi Kampus UDINUS). Jadi bagi kamu yang berbakat dan mempunyai produk yang inovatif dan kreatif bisa diajak live wawancara. Mantap bray!
Itulah fakta-fakta yang sebenarnya yang saya ketahui tentang UDINUS, sebenarnya masih ada keistimewaan UDINUS yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan semua.

2 Komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter