Tips Merawat Bayi Agar Tetap Sehat
Tips Merawat Bayi Agar Tetap Sehat – Menjaga kesehatan bayi merupakan prioritas utama dan penting dilakukan para orang tua agar bayi terhindar dari penyakit. Merawat bayi baru lahir mungkin suatu kebanggaan yang sangat berharga bagi seorang ibu. Nah, untuk membantu Anda dalam merawat bayi agar tidak mudah sakit.
Berikut ini beberapa tips bayi tetap sehat agar tidak mudah sakit-sakitan, diantaranya:
Jemur Bayi di Pagi Hari
Menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi penting dilakukan orang tua agar anak tetap sehat dan baik untuk system kekebalan tubuhnya agar tidak mudah diserang oleh penyakit. Menjemur bayi cukup selama 10 sampai 15 menit saja sebelum jam delapan pagi. Hal tersebut dilakukan supaya tubuh bayi hangatkan.
Jangan Biasakan Menggunakan Botol Susu
Botol susu berguna untuk meringankan tugas Anda saja dalam memberikan susu kepada bayi. Hal ini dapat membuat pekerjaan Anda lebih praktis saat sang bayi terbangun di malam hari. Namun perlu diketahui, bahwa penggunaan botol susu ssering mungkin sangat tidak baik karena dapat mengganggu perkembangan sang bayi.
Penggunaan botol susu dapat membuat susu mengendap pada bagian gusinya. Selain itu, juga akan membuat bayi Anda lebih mudah terkena infeksi telinga, hal ini dikarenakan susu yang diminum bisa masuk ke saluran eustachius. Saluran ini merupakan saluran penghubung antara tenggorokan bagian belakang dengan telinga bagian belakang. Jadi, jika Anda ingin memberikan bayi dengan botol susu, maka angkat sedikit kepala bayi Anda setelah itu tidurkan kembali tanpa botol susu dibibirnya. Senyum Ceria Bayi Sehat
Hindari Bayi Mandi Dengan Air Dingin
Mitos tentang daya tahan tubuh bayi akan kuat setelah dimandikan air dingin itu tidaklah benar. Karena bayi yang dimandikan dengan air dingi akan membuat sistem metabolisme tubuhnya menjadi meningkat, sehingga makanan masuk ke dalam tubuh akan menjadi habis untuk mengatur suhu tubuh. Hal ini tentu membuat bayi kehabisan tenaga dan akhirnya mudah sakit. Oleh karena itu bayi sebaiknya dimandikan dengan air hangat dan jangan terlalu lama, serta usahakan tubuh bayi tetap dalam keadaan hangat setelah dimandikan.
Bayi Berliur
Sangatlah wajar jika bayi berliur dan hal ini akan terjadi sampai usia bayi 4 tahun. Namun, jika air liur yang dikeluarkan dalam jumlah banyak, maka ini dapat menunjukan didalam mulut bayi terjadi peradangan atau infeksi di rongga mulut. Akan tetapi, hal ini juga menjadi tanda bahwa ada gigi bayi yang akan tumbuh.
Bayi Mengompol
Bayi mengompol merupakan hal yang biasa pada bayi yang masih berusia dibawah dua tahun. Karena air seninya belum dapat terkontrol dengan sempurna. Namun, mengajarkan bayi untuk buang air pada tempatnya sejak dini akan lebih baik, sehingga ketika bayi sudah berusia dua tahunan maka ia sudah dapat mengontrol kencingnya dan tidak mengompol lagi. Dan bila sampai usia di atas dua tahun masih mengompol, waspadai kemungkinan masalah biologis atau psikologisnya.
Gumoh Setelah Makan
Gumoh adalah makanan atau minuman yang dikeluarkan bayi sesaat setelah ia makan atau minum susu. Hal in terjadi ketika bayi mengalami kekenyangan atau akibat udara yang masuk dalam tubuh saat ia makan atau minum susu. Selain itu, gumoh juga dapat terjadi bila gurita yang dipakaikan kepada bayi terlalu kencang atau bisa juga karena Anda salah memposisikan bayi saat makan, misalnya dengan posisi terlentang. Dan usahakan untuk membuat bayi bersendawa ketika habis makan dan minum. Senyum Ceria Bayi Sehat
Menggendong Bayi
Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua saat ia bisa menggendong bayinya, terutama jika bayi tersebut adalah anak atau cucu pertama. Menggendong bayi akan membuatnya merasa nyaman, namun tidak baik untuk melatih emosinya. Umumnya, bayi yang sering digendong ia akan lebih senang dan malas untuk berjalan meski ia sudah besar. Hal ini tentu akan membuat Anda susah nantinya, terutama karena tubuh bayi yang akan semakin besar dan berat.
Jika otot lehernya sudah mulai kuat dan sudah bisa untuk mengangkat kepalanya sendiri, maka Anda bisa untuk melakukan berbagai variasi menggendong bayi, seperti mengangkatnya tinggi-tinggi, mengayunkannya, serta beberapa gerakan lainnya. Dan cara inilah yang dapat membantu melatih anak mengontrol emosinya.
Mengempeng atau Nyompeng
Anak yang menyompeng di bawah usia dua tahun adalah hal yang wajar. Namun jika ia sudah berusia di atas dua tahun itu merupakan suatu kecanduan, baik dengan dot atau menggunaka ibu jarinya. Hal inilah yang kerap mengganggu psikologisnya. Maka untuk itu sebagai orang tua usahakan untuk mengalihkan kebiasaan anak itu dengan melakukan hal yang baik.
Bayi Berkeringat
Tidaklah benar anggapan orang jika anak yang selalu mengeluarkan keringat itu pertanda dia sehat. Sebenarnya anak yang sering berkeringat bukan pertanda sehat, namun itu menandakan bahwa terdapat gangguan tertentu seperti, stres, fungsi kelenjar gondok yang berlebihan, rendahnya kadar gula, dan berat badan yang berlebihan. Untuk itu sebaiknya Anda waspadai jika keringat sang anak mulai berlebihan. Senyum Ceria Bayi Sehat
Berikan Vitamin
Pemberian vitamin kepada anak dilakukan jika sang anak memiliki pola makan yang tidak sehat. Jika ingin memberikan asupan vitamin tambahan, maka berikanlah sesuai dengan kebutuhannya karena vitamin sangat bermanfaat jika anak memang sangat membutuhkannya. Misalnya, vitamin untuk meningkatkan nafsu makan, vitamin penambah zat besi, dan sebagainya.
Nah, itulah beberapa tips dan cara menjaga kesehatan bayi agar tidak sakit, diharapkan agar orang tua lebih paham tentang kondisi sang bayi dan segera melakukan tindakan apabila telah ditemukan gejala-gejala bayi akan sakit.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter