Mengenal Simple Present Dalam Bahasa Inggris

Setelah membahas mengenai EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional sebelumnya, kali ini omekoz.com akan memberikan penjelasan mengenai apa itu simple present.

Apa rutinitas harian mu? Rutinitas mu adalah aktivitas normal Anda sehari-hari. Hal-hal yang biasanya Anda lakukan di sekolah atau hari kerja biasa. 

Tahukah kamu, untuk mendeskripsikan rutinitas sehari-hari mu dalam bahasa inggris, kamu bisa menggunakan simple present tense. 

Apa Itu Simple Present?

Belajar Bahasa Inggris Dari Rumus Simple Present



Simple Present Tense adalah jenis kalimat yang berfungsi untuk mengungkapkan suatu aktivitas atau fakta yang terjadi di masa sekarang, dan secara struktural atau susunannya simple present tense hanya menggunakan satu verba.

Present Tense merupakan salah satu bentuk bentuk kata kerja. Ini hanya menggambarkan tindakan, kebenaran (fakta), masa depan dan situasi. Sangat mudah untuk membentuk dan menggunakan bentuk dasar dari kata kerja. 

Rumus Simpe Present Tense


Jadi rumus simple present tense itu sendiri adalah Subject + Base Form(V1)+’s’ or ‘es’ + sisa kalimat. Jika subjeknya adakah he, she or it, maka akan ada tambahan ‘s’ or ‘es’ di belakang verb1 nya. 

Contoh Penggunaannya


Contoh penggunannya, He eats apples daily. Namun, jika subjek yang digunakan adalah you, we, they atau sebutan orang pertama, maka verb dasar lah yang digunakan, tanpa perlu ada tambahan huruf dibelakangnya.

Contohnya, They eat apples daily. Sedangkan untuk Simple Present Tense dalam bentuk Negative rumusnya adalah, Subject + do not / does not + base form + rest of the sentence. Untuk kata ganti orang ketiga kita harus menggunakan ‘does not’, sedangkan untuk kata ganti orang pertama kita harus menggunakan ‘do not’.


Contohnya adalah sebagai berikut, “He does not eat apples daily.” “They do not eat apples daily.” “Simple Present Tense Interrogative”. Sedangkan untuk bentuk kalimat tanya, rumusnya adalah Do / Does + subject + base form + rest of the sentence? 

Ya, kalimat tanya diawali dengan ‘do’ or ‘does’. Contohnya adalah sebagai berikut, Does he eat apples daily? Do they eat apples daily? 

 Jika dijabarkan seperti ini, belajar Bahasa Inggris adalah hal yang mudah kan?

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter